Bagini Cara Pintar Sewakan Aparteman

Permintaan hunian apartemen yang terus meningkat di kota-kota besar membuat harga jual dan harga sewa pun merangkak naik. Jika kondisi ini mampu memicu niat Anda untuk menyewakan apartemen milik Anda, tentu sah-sah saja. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menjualnya, seperti dipaparkan oleh situs properti kenamaan, Lamudi.

 

  1. Kalkulasi biaya

Diperlukan ketelitian dan kecermatan untuk menghitung biaya yang mungkin perlu Anda keluarkan, dari biaya hipotek, pemeliharaan, renovasi, hingga asuransi. Pun, perlu dipertimbangkan juga biaya kerusakan yang mungkin terjadi ketika apartemen Anda disewakan. Total biaya tersebut tidak boleh lebih tinggi dari biaya sewa yang Anda tetapkan.

 

  1. Lokasi strategis

Tentu saja lokasi strategis menentukan tingginya biaya sewa yang bisa Anda tetapkan. Sebab, selain fasilitas dan pembangunan daerah, lokasi adalah faktor penting bagi seseorang untuk memilih apartemen.

 

  1. Renovasi dan upgrading

Ini perlu dilakukan agar apartemen Anda terlihat lebih memikat bagi calon penyewa. Untuk nilai tambah, Lamudi menyarankan menambahkan konsep hunian ramah lingkungan. Sebab, dari penelitian yang dilakukan Lamudi, tingkat kesadaran masyarakat pada global warming tengah menjadi tren di sejumlah negara emerging market, termasuk Indonesia.

 

  1. Beriklan secara cerdas

Pilihlah media yang tepat untuk memasang iklan properti Anda. Yang penting lagi, gunakan kata-kata menarik, informasinya selengkap mungkin dengan menyebutkan kelebihan dan keunggulan apartemen Anda. Jangan lupa sertakan gambar properti yang hendak Anda sewakan. Promosi dari mulut ke mulut juga perlu dipertimbangkan. Beri tahu teman, tetangga, dan rekan kantor Anda bahwa Anda sedang menyewakan apartemen. Selalu ada kemungkinan mereka memiliki teman-teman atau rekan kerja yang potensial menjadi penyewa.

  1. Gunakan agen properti

Jika tidak mau ribet, serahkan saja pada jasa agen properti untuk menyewakan apartemen Anda. Jangan lupa, cari informasi dulu tentang kredibilitas agen properti yang akan Anda gunakan. Reputasinya harus bagus, tepercaya, dan dapat diandalkan.

 Agar Nilai Sewa Maksimal

Menyewakan apartemen tentu tak sekadar menawarkan kepada konsumen, lalu Anda tinggal menunggu calon penyewa yang berminat. Anda juga perlu memoles apartemen Anda agar lebih menarik sehingga nilai sewanya pun bisa maksimal. Berikut kiatnya:

  1. Lakukan pemeliharaan gedung dan penghematan biaya.
    • Jika Anda menyewakan apartemen secara full furnish, sebaiknya pilih interior ruangan yang simpel dan fungsional. Sebab, di samping memudahkan perawatan juga tidak terlalu eksklusif sehingga lebih netral terhadap selera kebanyakan orang.
    • Perketat biaya-biaya agar tidak mengurangi keuntungan investasi Anda. Contoh: penggunaan lampu dan barang-barang elektronik yang hemat energi, penggunaan shower untuk menghemat air, dan sebagainya.
    • Apartemen yang Anda jual harus dalam kondisi bersih. Apartemen yang jorok sudah pasti tidak bakal diminati calon penyewa. Karena itu bersihkan setiap kali ganti penyewa.
  2. Antisipasi risiko seperti musibah dan bencana dengan mengasuransikan apartemen Anda. Konsultasikan hal ini dengan developer dan pengelola gedung.
  3. Pelajari hak dan kewajiban Anda selaku pemilik apartemen sewaan agar kepentingan Anda terjamin secara hukum. Syarat dan kondisi dalam perjanjian sewa biasanya mencakup harga yang harus dibayar, denda untuk keterlambatan pembayaran, jangka waktu sewa, deposit (uang jaminan), hingga tata cara yang bisa ditempuh jika terjadi perselisihan. Secara umum, tanggung jawab diberikan sebagai berikut: pemilik yang bertanggung jawab untuk membuat perbaikan dan pemeliharaan properti, sedangkan penyewa bertanggung jawab untuk menjaga properti tetap bersih dan aman.
  4. Melunasi Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) sebelum jatuh tempo. Pelunasan KPA tepat waktu akan sangat membantu Anda karena dapat menghemat beban bunga.