Aparteman Anda, surga Anda. Untuk itu, membuatnya menjadi nyaman adalah sebuah keharusan.

 Sebagai tempat tinggal, berlindung, dan beristirahat, apartemen tentulah harus membuat nyaman penghuninya. Asal Anda tahu, kenyamanan dalam rumah atau apartemen akan mengembalikan energi Anda yang terkuras selama seharian melakukan aktivitas di luar.

Sontek saja beberapa trik pintar dari pakar fengshui, desainer interior, dan psikolog berikut ini untuk membuat ruangan apartemen Anda jadi lebih nyaman.

  1. Pasang item pemicu bahagia

Pakar fengshui penulisThe Feng Shui Equation, Janice Sugita, menyarankan untuk membuang barang-barang yang tidak Anda suka atau membuat stres dan menggantinya dengan memasang item-item yang membuat Anda tenang atau senang. Misalnya foto keluarga yang menggemaskan atau benda-benda seni yang indah.

 

  1. Perhatikan tata letak

Ruangan yang penuh sesak dengan perabotan bisa membuat tegang. Maka pastikan untuk tidak terlalu rapat memasang dekorasi maupun interior di dalam ruangan.

 

  1. Masukkan indoor plant

Tanaman dalam ruang bisa menyegarkan jiwa. Tak hanya mempercantik ruangan, tanaman ini juga membawa suasana segar dan tenang serta menghasilkan oksigen di dalam ruangan. Pilihannya adalah lidah mertua, keladi-keladian, kaktus, atau palem kuning.Anda juga bisa meletakkan bebungaan segar dalam vas di beberapa sudut ruangan.

 

  1. Keseimbangan

Imbangkan elemen lembut dan keras. Misalnya sofa empuk dipadukan dengan meja kaca.

Dalam fengshui, unsur sofa yang lembut menawarkan kenyaman sedangkan meja kaca yang keras memberikan stabilitas.

 

  1. Putarmusik

Musik bisa menjadi sarana ampuh untuk mengontrol mood Anda. Putar musik berirama slow ketika makan malam, dan sebaliknya, pilih musik dengan beat tinggi saat pagi hari. Tentunya pilih musik atau lagu-lagu yang Anda suka.

 

  1. Batasi penggunaan ponsel

Sepakati bersama anggota keluarga yang lain untuk membatasi penggunaan ponsel, terutama ketika makan bersama dan menjelang tidur. Tentu Anda tidak mau terganggu dengan dering notifikasi atau musik games yang muncul dari ponsel ketika sedang ingin santai atau sedang berbicara dengan mereka, bukan?

 

  1. Ruang berantakan

Ruangan yang berantakan bisa memicu stres. Dalam fengshui disebutkan, barang-barang tak terpakai dan tak terpelihara yang menumpuk di salah satu bagian rumah dapat menghambat aliran energi kehidupan (chi). Karena itu, rapihkan dan bersihkan secara rutin.

 

  1. Buat tempat tidur nyaman dan rapi

Setelah lelah beraktivitas seharian dengan membawa pikiran tidak tenang, maka tidur di atas Kasur yang empuk dan bersih bisa membuat tidur terlelap. Keesokan harinya, Anda akan bangun dengan pikiran yang lebih segar dan perasaan lebih nyaman. Bersihkan dan rapihkan selalu tempat tidur setelah bangun tidur, sehingga ketika Anda pulang dari tempat kerja tidak bertambah stres melihat peraduan Anda yang berantakan.