Inovasi di bidang pangan membuat masyarakat urban punya cara baru untuk menggapai sehat.

Gaya hidup sehat sudah menjadi tren bagi masyarakat urban saat ini. Mereka menyadari bahwa kesehatan akan sangat mendukung kelancaran aktivitas keseharian mereka. Apalagi stres yang sering kali menyertai rutinitas sehari-hari sangat merugikan hidup mereka. Karena itu perlu dicegah. Maka, lihat saja, fitness center diburu, kompetisi lari diserbu, dan komunitas yoga pun bermunculan.

Itu dari sisi olahraga. Belakangan, dari sisi pola makan, berbagai jenis minuman dan makanan sehat pun bermunculan. Kalau selama ini kita mengenal jus, yogurt, bahan pangan organik, dan oat sebagai alternatif makanan sehat, maka kini tidak hanya itu. Pilihan untuk menjalankan gaya hidup sehat pun makin beragam.

Ini dia beragam jenis produk minuman dan makanan sehat yang sedang tren saat ini dan patut Anda coba:

Cold Pressed Juice

Namanya mengacu pada teknologi yang digunakan untuk membuat produk jus ini. Jus jenis ini diproses menggunakan blender atau juicer yang memiliki teknik putaran pisau lebih lambat, yaitu 80 rpm (putaran per menit). Teknik ini mencegah panas yang muncul dari putaran pisau saat ekstraksi bahan-bahan sehingga nutrisi yang terkandung di dalam buah atau sayur yang dibuat jus tetap utuh.

 

Kefir

Dari sisi bahan, kefir sama dengan yogurt—dibuat dari susu yang difermentasi. Prosesnyalah yang membedakan, yang membuat kandungan bakteri baik dalam kefir jauh lebih banyak ketimbang yogurt. Namun begitu keduanya memiliki manfaat dan khasiat yang sama sebagai probiotik, yaitu menyehatkan saluran cerna dan membantu penderita intolerensi laktosa dalam mendapatkan manfaat gizi dari susu. Uniknya, kefir juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk mendetoksifikasi wajah yang terlalu lama terkena perawatan produk kosmetik bermerkuri.

 

Cold Brew Coffee

Ini juga mengacu pada teknologi pemrosesannya. Alat cold brew memiliki tiga tabung yang bertumpuk ke atas. Bubuk kopi ditempatkan di bawah tabung air yang akan menetes dan memproduksi konsentrat kopi. Prosesnya sendiri bisa berlangsung 12 hingga 24 jam. Setelah jadi esok harinya, konsentrat kopi ini bisa dicampur air dan disajikan dingin. Keunggulan cold brew coffee adalah rasa dan aroma kopi lebih kuat dengan kandungan kafein tetap utuh tapi tingkat keasamannya rendah.

 

Pure Honey

Kini madu lebih bervariasi, ada madu rambutan, madu lengkeng, madu kurma, madu durian, bahkan madu kopi. Namanya menunjukkan asal bunga atau tumbuhan tempat lebah mencari nektar. Kandungan nutrisinya tetap sama dengan jenis madu hutan yang sebelum ini “merajai” dunia madu, dari vitamin B Kompleks, vitamin C, kalium kalsium, zat tembaga, besi, seng, magnesium, mangan, asam amino, dan enzim, dan karena itu khasiatnya pun sama. Tapi varian-varian baru madu ini membuat kita bisa mencoba aneka rasa dan aroma yang berbeda dan unik.

 

Flax Seed dan Chia Seed

Dua jenis biji-bijian superfood ini sedang popular di kalangan masyarakat urban. Bisa dikonsumi secara langsung atau sebagai campuran makanan lain. Disebut superfood karena flax seed mengandung tinggi omega-3 dan serat, sementara chia seed kaya akan omega-3, karbohidrat, protein, serat, antioksidan, dan kalsium. Dengan kandungan nutrisi seperti itu, nutrisi ini akan sangat baik untuk kesehatan jantung, kardiovaskular, dan otak.

Jus, Tetap Populer

Meski banyak minuman jenis baru bermunculan, jus (buah dan sayuran) masih menjadi pilihan paling populer untuk meraih sehat. Selain menyehatkan, jus bermanfaat juga untuk mengurangi berat badan dan mencegah penuaan dini. Tak heran banyak pesohor dunia menjadikan jus sebagai terapi kesehatan dan kecantikan mereka, seperti Kim Kardashian, Blake Lively, dan Gwyneth Paltrow.

Nah, agar manfaat jus bisa Anda dapatkan, inilah cara mengolah jus yang benar:

  • Cuci buah dan sayuran dengan air yang mengalir agar bersih dari kotoran, pestisida, ataupun zat kimia lainnya yang mungkin masih menempel di permukaan
  • Pilih buah dan sayuran yang segar dan cukup matang. Selain rasanya tidak asam, buah yang cukup matang nutrisinya bisa diandalkan.
  • Sebaiknya jangan menambahkan gula maupun sirup ke dalam jus karena akan merusak rasa alaminya dan bahkan membuat jus Anda kurang sehat. Jika Anda ingin memperkaya rasa, kombinasikan dua atau lebih buah dan sayuran. Misalnya; mangga-nanas, wortel-jeruk, atau brokoli-apel-nanas.
  • Jangan simpan jus terlalu lama, sebaiknya langsung dihabiskan begitu selesai dibuat. Terlalu lama menyimpan hanya akan merusak nutrisi oleh oksigen atau ultraviolet dari sekitar Anda. Jika ingin menyimpan di dalam lemari es, tambahkan es batu ketika diproses.
  • Hindari minum jus kemasan karena biasanya mengandung gula dalam kadar tinggi, sehingga dalam jangka panjang bisa memberikan risiko kesehatan pada anak-anak. Apalagi, banyak produk minuman buah kemasan yang dirancang untuk kebutuhan gizi orang dewasa yang aktif, bukan anak kecil.