Untuk memperkenalkan potensi bisnis kopi di Jakarta Selatan, Synthesis Residence Kemang menyelenggarakan acara yang bertajuk South Jakarta Coffee & Business Potentials  bekerjasama dengan ILAA (Indonesian Latte Art Artist) yang diselenggarakan pada 25 Februari 2017 bertempat di Marketing Gallery Synthesis Residence Kemang, Ampera Raya, Jakarta Selatan.

Dalam acara ini, masyarakat, kalangan pebisnis hingga kalangan pecinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal terkait kopi, mulai dari proses pemilihan biji kopi, pengolahan biji kopi yang berasal dari bentuk, hingga membedakan rasa dan ciri khas kopi yang sangat beragam.

Kegiatan workshop ini juga merupakan bentuk dari ILAA Roadshow 2017 yang dihadiri sebayak 31 orang yang terdiri dari para pengusaha kopi, penikmat kopi, para member dari ILAA sendiri, hingga para tamu undangan dari Synthesis Residence Kemang. Kegiatan di Marketing Gallery Synthesis Residence Kemang ini dimulai sejak pukul 09:00, dengan mengangkat 4 aktivitas yang berbeda, yaitu dimulai dengan Café Clincic, Brewing Class Beginner, Brewing Class Intermediate dan yang terakhir adalah ILAA Member Gathering.

“Acara dari ILAA ini fun banget, dapet pengetahuan baru tentang kopi, dapet kopi gratisnya juga lagi. Kalau acara kayak gini ada lagi Saya mau ikut lagi, tapi dengan konten materi yang berbeda, tapi yang jelas acara ini fun banget!”, tutur Nugie Kadarsan, salah satu peserta yang hadir sejak pagi hari.

Saat ini, kopi memang menjadi bagian dari keseharian masyarakat perkotaan. Banyak dari mereka datang ke kedai kopi untuk menghabiskan waktu, menikmati kopi, mendiskusikan kopi, hingga memposting kopi di media sosial. tutur Ardian Maulana, Pendiri ILAA. “Barista adalah orang yang bisa merepresentasikan kopi. Kitalah yang harus menceritakan kopi pada tamu yang datang. Bukan hanya sekedar menyeduh kopi. Berangkat dari sinilah, nantinya setiap Barista bisa membawa energi pada kopi Indonesia dan memajukannya dengan cara dan warna masing-masing,” tutur Ardian, pendiri Indonesian Latte Art Artist (ILAA).

Ardian juga menambahkan, “Kopi zaman sekarang itu seperti sudah menjadi bagian dari gaya hidup di Jakarta, apalagi di Jakarta Selatan, karena itu kami menyiapkan wadah bagi para pecinta kopi untuk lebih memahami dan juga turut serta mengembangkan kopi Indonesia.”