Membuat hunian yang nyaman memang tergantung banyak hal. Penataan interior adalah salah satunya.

Interior ruangan tentu menjadi hal utama yang perlu diperhatikan ketika kita membeli atau membangun sebuah hunian. Sebab, inilah salah satu faktor yang dapat membuat penghuninya merasa nyaman tinggal di dalamnya. Apalagi ruangan di unit apartemen yang cukup terbatas, berbeda dengan rumah tapak, misalnya, dibutuhkan berbagai pertimbangan tersendiri. Tujuan utamanya tentu sama, yaitu menciptakan rasa nyaman. Namun begitu, untuk memunculkan rasa nyaman itu dibutuhkan pertimbangan dari banyak hal, seperti pemilihan furnitur, material, lay out, warna, dan sebagainya.

Adelinah Chandra Rahardja SDI.HDII, desainer interior dari A2j Design Consultant, Jakarta menyebutkan, pada akhirnya semua memang tergantung pada selera pemilik hunian. Meski begitu bergantung pada selera saja masih kurang. Sebab space yang tersedia dan kebiasaan aktivitas penghuninya juga perlu dipertimbangkan untuk menata interior agar terasa nyaman. “Untuk unit apartemen yang luasnya terbatas, misalnya, sebaiknya dihindari bentuk perabot yang ukurannya terlalu besar,” kata perempuan yang akrab disapa Adel ini. “Furniture yang terasa sedikit lebih ringan dan cozy akan lebih sesuai untuk di apartemen.”

Selain itu yang juga perlu diperhatikan adalah pemilihan warna lampu, sebaiknya menggunakan sinar warna kekuningan (2.700-3.000 Kelvin). Warna ini akan memberi kesan hangat, berbeda dengan warna putih yang memunculkan kesan dingin. Sementara untuk style, desain interior yang klasik tidak akan cocok untuk ruangan yang kecil.
Di sisi lain, secara spesifik, color mood juga perlu dipikirkan. Warna-warna natural seperti warna kayu dan hijaunya rumput bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jangan yang terlalu gelap atau terlalu kuat intensitas cahayanya. Komposisikan dengan pengaturan pencahayaan yang alami dan buatan. Tekstur bahan pada perabotan bisa dipilih yang permukaannya lembut atau juga yang berserat. “Komposisi tekstur, warna, bentuk, dan massa ruang ini akan menghasilkan sebuah nyanyian keindahan yang melingkupi seluruh pancaindra kita,” Adel menjelaskan.
Disarankan pula oleh Adel, jika penataan interior harus diganti jika sudah tidak sesuai lagi dengan tren saat ini atau sudah tidak sesuai lagi penampilannya alias sudah usang. “Yang jelas jika dirasakan sudah tidak membuat nyaman kita, ya sah-sah saja konsep desainnya diganti. Kalau rasa kan berkaitan dengan selera ya. Relatif,” ujarnya.

 

 

Natural Pun Bisa Mewah dan Elegan

 

Peran desainer interior dalam hunian adalah membantu memberikan saran untuk program penataan ruang yang baik, serta perencanaan tata letak furniture yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Termasuk di dalamnya mendesainkan furnitur sesuai kebutuhan, memberikan saran pencahayaan ruang, hingga ke pemilihan aksesori interior dan soft furnishing.

Amanda Putri SDI, desainer interior dari A2J Design, menjelaskan bagaimana ia merancang interior di apartemen Synthesis Residence Kemang yang sangat spesial itu berikut ini.

“Di proyek interior Synthesis Residence Kemang kami mencoba untuk menampilkan desain interior modern yang elegan dengan sentuhan alam/nature. Hal ini tampak dalam treatment dinding bata dan stool kayu, seperti pada niche di foyer depan, komposisi susun bata dinding belakang sofa di area living room, dan bangku kayu untuk meja makan.
Untuk lantai, kami memilih material marmer putih, juga untuk dinding backsplash pantry dan juga top pantry. Dipadukan dengan sentuhan warna keemasan pada furnitur dan beberapa aksesori bisa memperkaya kesan elegannya. Pemilihan warna-warna yang juga natural dan cenderung monokrom menambah keanggunan yang tercipta.

Inilah istimewanya interior di Synthesis Residence Kemang: bagaimana sebuah tema natural masih dapat mengusung kesan mewah yang diharapkan. Kesan nyaman dan tenteram akan tercipta tanpa kehilangan keanggunannya sebagai simbol lingkungan kelas atas di Kemang dan sekitarnya. Tujuannya akhirnya adalah untuk membuat penghuninya (dan semua yang datang ke apartemen tersebut) happy.