Tarian merupakan ekspresi jiwa yang bisa mengisahkan tentang situasi personal seseorang atau cerminan dari kultur suatu bangsa secara keseluruhan. Tentu saja soal tarian Indonesia merupakan salah satu negara yang unggul soal keberagamannya dengan sekitar 485 tarian tradisional yang tercatat dari Sabang sampai Merauke.

Oleh karena itulah Synthesis Residence Kemang, sebagai bagian dari rangkaian acara Indonesia is Me selama bulan Agustus ini, menyelenggarakan acara Art & Culture pada 13 Agustus silam dengan fokus utama pada seni tari terutama yang berasal dari Yogyakarta. Talkshow menarik tentang seni tari berlangsung dengan dua pembicara yang merupakan pakar tari, Dr. Theresia Suharti dan Monita Indrayanti, keturunan keraton Yogya dan salah satu penggerak budaya Yogyakarta supaya bisa eksis di atas panggung internasional.

 

Selain itu acara disemarakkan juga dengan persembahan tari-tarian dari Sanggar Tari Kemang, Adiprana, seperti tari golek ayun-ayun asal Solo yang khusus dipentaskan oleh wanita, sementara tari klono topeng asal Cirebon giliran para pria yang tampil.