Beberapa selebritas kondang Tanah Air memercayakan perawatan rambut mereka di salon ini.

 Berawal dari obrolan ringan dengan pemilik lounge The Prestige Kemang, Aar Yazuar (38) mendapat kesempatan kedua untuk mendedikasikan diri di dunia kecantikan. Bersama rekan kerjanya, M. Suban, ia membangun Prestige Hair and Beauty by Aar Yazuar. Inilah “istana” kecantikan yang membuat penampilan para selebriti kita kian memikat. Olla Ramlan, Pevita Pearce, Manohara, Nabila Syakieb, Donna Harun, dan Sahrul Gunawan memercayakan perawatan rambut mereka di salon ini.

Memilih Kemang

Kiprah Aar di dunia kecantikan dimulai ketika bergabung dengan Salon Green Door Kemang pada tahun 2000. Kala itu, untuk pertama kalinya ia bertemu dengan M. Suban yang kini menjadi rekan kerjanya. Hidup Aar memang tidak bisa jauh dari Kemang.

“Kami mengobrol dengan pemilik The Prestige dan mendapat ruang di sisi kanan dan kiri lobby The Prestige. Obrolan itu terjadi pada Februari 2013. Sebelumnya, saya bergabung dengan salon Green Door selama lima tahun. Saya berguru kepada almarhum Alexander Hardjo, penata rias di ajang Miss Universe dan menangani penampilan Megawati Soekarnoputri. Setelah itu, saya bersama seorang klien membidani salon Venus hingga tahun 2011,” cerita Aar.

Karena kontrak sewa tidak bisa diperpanjang, Aar kembali ke Salon Green Door dengan citra dan nama baru. Kemudian ia memberanikan diri untuk mandiri—dalam arti mengelola salon sendiri. Ia tetap memilih Kemang karena aksesnya mudah. Patokannya perempatan McDonalds-Starbucks (kalau dari arah jalan Bangka) langsung belok kiri. Di The Prestige ada lounge dan garden cafe di belakang.

“Jika ada acara di The Prestige, pelanggan biasanya datang dua jam lebih awal untuk nyalon dulu. Bersyukur, klien saya baik-baik. Ketika puas dengan pelayanan saya, mereka merekomendasikan salon saya kepada teman-teman mereka. Enggak ada strategi yang lebih ampuh dari omongan mulut ke mulut,” beri tahu Aar yang sudah 16 tahun lebih menangani tata rias rambut.

Melayani berdasarkan perjanjian

Layaknya salon pada umumnya, Prestige Hair and Beauty by Aar Yazuar memberikan layanan pangkas rambut, mewarnai rambut, hair perming, smoothing, refleksi, creambath, spa rambut, dan masih  banyak lagi. Pangkas rambut dan mewarnai rambut merupakan fitur utama. Aar mengulas, masyarakat Indonesia suka mewarnai rambut di samping pangkas rambut. Salon ini ada sekitar 17 staf. Yang unik, jam operasionalnya. Salon ini melayani berdasarkan appointment.

“Biasanya, kami buka mulai jam 10, dan tutup seselesainya kami melayani konsumen. Bisa jam 24, jam 1, bahkan jam 2 dini hari. Jam operasional kami seperti undangan pernikahan. Di undangan nikah biasanya ditulis bahwa acara berlangsung mulai jam 19 sampai selesai. Kami pun demikian. Kebijakan ini berangkat dari kesadaran, pelanggan kami memiliki jam kerja beda-beda. Ada yang jam 8 sampai 17. Sementara yang bergerak di dunia seni mana bisa begitu?” Aar berpendapat.

Meski telah memiliki pelanggan tetap dari kalangan selebriti dan ekspatriat, Aar tetap memberi ruang bagi para pelanggan baru. Salah satu cara menjaring pelanggan baru adalah dengan memberi harga yang masuk akal. Selain layanan yang ciamik, lokasi salon, waktu, dan tren ikut menentukan harga. Bagaimana pun, Kemang kawasan premium. Saat nongkrong ke Kemang, setidaknya Anda perlu mengantongi duit Rp 500 ribu sampai sejuta agar aman. Atas dasar asumsi itu, Aar dan Suban menetapkan harga fleksibel.

Blow-dry misalnya dimulai dari Rp 100 ribu. Sementara perawatan lain rentang harganya bisa sampai Rp 2 jutaan. Dengan yang dua jutaan itu, Anda sudah mendapat hasil fashionable, trendy, dan tidak mengecewakan,” Suban menambahkan.

Kuncinya: SDM

Menurut Suban, tak perlu ragu memercayakan rambut Anda kepada Aar dan tim. Karena di Prestige Hair and Beauty, sumber daya manusia hal terpenting.

Sebaik apa pun tren diciptakan, jika sumber daya manusianya tak mampu mengeksekusi konsep tren dengan baik, maka ia gagal. Ada tiga hal mendasar di dunia kecantikan: kebutuhan, kemampuan, dan tren. Tren muncul karena ada kebutuhan dan kemampuan mencipta. Kemampuan dibutuhkan untuk merancang dan mengaplikasikan tren di kepala konsumen. Berangkat pemahaman itu, Aar dan Suban membuat kebijakan operasional berdasar janji dengan konsumen.

SAMSUNG CSC

“Karena kami menghargai konsumen. Nah, jika Anda ingin mengubah gaya rambut, kenali dulu diri Anda. Cari informasi tentang model rambut dan apa itu cocok dengan struktur muka Anda. Lalu, temui hairdresser terpercaya agar model yang Anda dambakan itu dieksekusi oleh tenaga yang tepat. Cek warna apa Anda inginkan dan cocokkah itu dengan bidang pekerjaan Anda. Jika kerja di lingkungan formal, ada beberapa pilihan warna klasik yang direkomendasikan. Lain ceritanya jika Anda bekerja di bidang seni atau fashion. Pilihan warnanya jauh lebih banyak,” tutupnya.

 

Prestige Hair and Beauty by Aar Yazuar

Jl. Kemang Utara Raya no 5E Jakarta Selatan

Kontak: 021717 931 93