Bagi masyarakat urban, sibuk selalu menjadi alasan klasik untuk tidak melakukan olahraga. Padahal kesibukan yang tinggi, apalagi bila sibuk Anda hanya di belakang meja, membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

Sesungguhnya, Anda tidak perlu menyediakan waktu puluhan menit atau tempat khusus untuk berolahraga jika Anda memang sibuk. Cukup olahraga ringan yang bisa Anda lakukan sambil curi-curi waktu sibuk Anda. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Oxford, Inggris, olahraga ringan memberi manfaat sehat yang nyaris setara dengan olahraga berat.

Sebelum ngantor
Pagi hari sebelum berangkat kantor Anda bisa melakukan setidaknya 15 menit saja. Jalan cepat, jogging, atau bersepeda lebih baik. Kalaupun tidak sempat, Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu atau mencuci mobil. Setidaknya Anda melakukan aktivitas fisik secara konstan di rentang waktu tertentu.

Waktu yang ideal adalah sekitar pukul enam pagi saat udara masih segar, tidak terlalu dingin atau panas, dan matahari sudah mulai muncul. Jangan lupa minum air putih sebelum Anda beraktivitas fisik agar tubuh tidak terkena dehidrasi.

Selama di kantor
Usahakan sebisa mungkin fisik selalu aktif bergerak. Parkirlah kendaraan di tempat yang cukup jauh dari kantor sehingga Anda lebih banyak berjalan kaki, memilih tangga untuk naik turun lantai, ke pantry membuat kopi atau teh sendiri, dan seterusnya.

asian businesswoman looking at work on laptop computer with satisfaction and stretching arms in the air.

Lakukan peregangan di meja kerja Anda setiap dua-tiga jam duduk. Ini dilakukan untuk merenggangkan otot tubuh dan melancarkan peredaran darah. Sesekali cobalah mobile meeting. Rapat sambil berjalan-jalan di taman, misalnya. Selain aktivitas fisik, Anda juga mendapatkan manfaat menghirup udara segar.

Sering-seringlah minum air putih agar Anda selalu terpicu untuk berjalan menuju toilet. Prinsipnya, “jika bisa berdiri, kenapa duduk. Jika bisa berjalan, kenapa cuma berdiri”

Berapa total waktu yang dibutuhkan?
Idealnya 30 menit per hari. Namun, tingkat kebugaran yang dibutuhkan bagi tiap orang berbeda, karena itu sebetulnya angka tersebut relatif. Studi lain menyimpulkan bahwa melakukan olahraga minimal 15 menit tiap hari sudah cukup untuk orang yang sekadar ingin sehat. Jadi, setidaknya, jika Anda menyempatkan diri melakukan aktivitas fisik dalam sehari, itu sudah cukup untuk menjaga kebugaran. Ketimbang tidak sama sekali.