MRT (Mass Rapid Transit) menjadi gaya hidup baru di Jakarta sekarang ini. Pilihan baru moda transportasi massal ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan di Ibu Kota dan mengubah kebiasaan warga untuk beralih ke transportasi publik.

Namun, akan amat sayang jika gaya hidup baru ini malah menyebabkan ‘kemacetan’ daya pikir. Betapa tidak. Kalau selama perjalanan menggunakan MRT, yang Anda lakukan melulu scrolling Instagram, Pinterest, dan media sosial lain, atau chatting di aplikasi messenger, itulah yang akan terjadi. Anda tak akan banyak memacu otak untuk beraktivitas.

Nah, daripada merugi, cobalah ganti kebiasaan di MRT tersebut. Ini sejumlah ide yang bisa dilakukan, baik secara manual atau dengan aplikasi di ponsel pintar Anda:

1. Main game asah otak
Banyak aplikasi game jenis ini. Mau yang lucu-lucuan atau yang serius, Anda tinggal pilih. Kalau mau coba cara yang klasik dan beda, beli buku TTS dan isilah selama perjalanan.

2. Jalankan hobi
Kalau Anda punya hobi tertentu, bisa juga dilakukan selama perjalanan. Merajut, misalnya, atau menulis. Melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda suka akan memicu relaksasi sehingga pikiran pun lebih segar dan Anda terjauhkan dari stres. Merajut dan menulis juga bisa melatih otak untuk fokus dan mengoptimalkan memori.

Woman using cellphone inside train compartment

3. Menulis jurnal
Mungkin ini bukan sebuah kebiasaan bagi kita, tapi tak ada salahnya dicoba. Menulis jurnal tak harus seperti menulis diary yang berisi kegiatan harian Anda. Anda bisa mengisinya dengan hal-hal simpel seperti apa yang membuat Anda senang atau sedih hari ini, menulis mimpi yang dialami semalam, dan sebagainya.

4. Belajar hal baru
Manfaatkan aplikasi di smartphone Anda untuk belajar hal-hal baru, seperti bahasa, menggambar, desain rumah, menulis puisi, dan lain sebagainya. Mempelajari hal-hal baru akan mengembangkan jalur-jalur memori baru di otak sehingga Anda nanti akan cepat menangkap hal-hal baru.

5. Meditasi
Siapa bilang tidak dapat melakukan meditasi di tengah keramaian? Anda tidak perlu memejamkan mata dan duduk dengan posisi tegak. Cukup duduk yang nyaman lalu fokuskan pikiran Anda pada saat itu dan di tempat Anda duduk. Perhatikan hal-hal di sekitar dengan lebih detail. Bagaimana rasa bangku yang Anda duduki, udara di dalam gerbong, atau indahnya pemandangan di luar kereta.