Sampai hari ini, apartemen menjadi pilihan yang ideal bagi pencari hunian di kota-kota besar. Mengingat tingkat kebutuhan hunian yang makin tinggi namun lahan makin sedikit, sedangkan harga rumah tapak makin melangit.

Meski begitu, tinggal di apartemen juga butuh kiat-kiat tertentu agar kehidupan pribadi dan sosial Anda berjalan nyaman dan damai di sana. Inilah kiatnya:

Siapkan biaya
Mari kita sedikit main hitung-hitungan. Akan ada banyak biaya yang harus Anda keluarkan jika tinggal di apartemen. Dari service charge (biaya perawatan), biaya utilitas (listrik, air, tv kabel, dan internet), biaya keamanan dan kebersihan, hingga biaya parkir. Anda juga harus merogoh kocek jika ingin merenovasi bangunan unitnya.

Manfaatkan fasilitas & layanan
Berbagai fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh pihak pengelola apartemen jangan disia-siakan untuk memudahkan hidup Anda. Fasilitas business center, area komersial, jasa layanan cleaning service dan laundry, dan lain-lain memang disediakan untuk itu.

Pintar memilih dan menata perabot
Mengingat ruangan dalam unit apartemen cukup terbatas tidak seperti pada rumah tapak, maka dibutuhkan kiat khusus dalam memilih dan menata perabot rumah. Pertimbangkan hanya barang-barang yang benar-benar dibutuhkan sesuai fungsinya dan usahakan tidak memakan tempat. Penempatannya pun harus memperhatikan gerak penghuni agar tidak terganggu.

Manfaatkan setiap sudut
Keterbatasan tempat membuat kita harus pintar memanfaatkan setiap sudut ruangan. Dinding bisa dimanfaatkan untuk memasang lemari gantung, begitu pula kolong-kolong meja atau tempat tidur, ruang kosong di atas lemari, dan sebagainya bisa digunakan untuk menyimpan barang.

Pintar memasang penyekat
Memisahkan ruang sesuai fungsi tidak harus menggunakan sekat vertikal, apalagi permanen yang akan menyulitkan renovasi. Sebagai penanda ruangan yang berbeda Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan karpet atau alas lantai yang berbeda motif, atau dengan mengecat dinding dengan warna yang berbeda. Jika memang ingin menggunakan sekat, gunakan sekat yang transparan sehingga ruangan tetap terlihat luas.

Jaga ketertiban
Meski lebih privat, apartemen juga merupakan lingkungan sosial Anda. Jadi, jaga ketertiban dan kenyamanan sesama penghuni. Tidak seenaknya mengadakan pesta, misalnya, atau masak makanan yang baunya sangat menyengat, atau tidak membawa sembarang mengundang teman lawan jenis, dan lain-lain.