Tidak punya asisten rumah tangga dan sibuk urusan kerja di weekdays adalah hal yang lumrah bagi penghuni apartemen. Apalagi bagi para eksekutif muda yang belum punya pasangan hidup atau yang baru menikah. Praktis, waktu luang pun hanya ada di dua hari di ujung pekan—Sabtu dan Minggu.

Selain untuk berlibur, akhir pekan juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersih-bersih dan merapihkan hunian. Apalagi jika dibantu oleh pasangan. Selain ruangan rapih, keharmonisan pun bakal meningkat.

Namun begitu, beres-beres hunian—apalagi yang sudah lama terabaikan—biasanya tak semudah yang kita duga. Tak jarang kita bingung harus mulai dari mana. Nah, langkah-langkah di bawah ini bisa Anda ikuti sebagai panduan.

Ruang tamu dan ruang keluarga
– Mulailah dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak perlu dan tidak berfungsi. Kertas-kertas yang berserakan, bunga di vas yang sudah kering, dan sebagainya.
– Setelah semua tersingkirkan, mulailah membersihkan permukaan benda-benda dari debu, dimulai dari yang posisinya ada di atas. Termasuk di sini adalah benda-benda yang ada di dalam rak atau bufet seperti pajangan, pigura foto, dan lain-lain, serta permukaan kaca.
– Untuk perabot seperti sofa dan karpet, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Ganti sarung bantal sofa jika perlu. Begitu juga taplak meja.
– Langkah terakhir, sapu dan pel lantai.

Ruang dapur
– Bersihkan peralatan dapur yang jarang digunakan. Sementara yang sering digunakan biasanya sudah dicuci bersih begitu selesai digunakan.
– Atur peralatan dapur sesuai kelompok dan fungsinya sehingga memudahkan Anda menemukan ketika hendak menggunakannya.
– Bersihkan permukaan meja makan, pintu kulkas (dan bagian dalam kalau perlu), dan rak-rak yang ada. Juga dinding keramik karena biasanya terkena minyak saat memasak.
– Kosongkan tempat sampah, cuci bersih, dan keringkan.
– Langkah terakhir, sapu dan pel lantai.

Ruang tidur
Mungkin kamar tidur adalah ruangan yang paling mudah dibersihkan, mengingat tidak banyak benda seperti beberapa ruangan lain.
– Buka seprai dan sarung bantal untuk dicuci dan diganti. Bersihkan permukaan kasur dangan penyedot debu.
– Bersihkan dan rapihkan rak dan lemari pakaian termasuk benda-benda yang ada di dalamnya. Juga hiasan dinding dan jam dinding.
– Langkah terakhir, sapu dan pel lantai.

Kegiatan berbenah hunian ini bisa Anda rencanakan secara rutin, misalnya sebulan sekali. Namun jika Anda ingin jarak waktunya lebih lama dari itu, ada satu tip. Setiap kali Anda menggunakan ruangan tersebut, sempatkan untuk membersihkan dan merapihkan.

Misalnya setelah menonton televisi, rapihkan sofa dan letakkan remote control pada tempatnya. Atau, setiap bangun tidur bersihkan dan rapihkan seprai. Dengan begitu pada saat datang waktu berbenah, Anda tidak akan banyak mengeluarkan tenaga dan menyita banyak waktu.