Sampah rumah tangga bisa menjadi ancaman serius. Jangankan limbahnya yang bisa mengancam kesehatan jika tidak dikelola dengan baik, baunya saja—meski sampahnya baru sedikit—sudah sangat mengganggu kenyamanan.

Ada beberapa trik untuk mengatasi bau sampah rumah tangga sebelum nantinya dikelola lebih lanjut. Paling tidak, baunya jadi tidak mengganggu para penghuni.

1. Manfaatkan baking soda
Tebarkan baking soda di dasar tempat sampah dan di atas tumpukan sampah untuk mengurangi bau busuk dari sampah. Tebaran baking soda di dasar tempat sampah juga akan mempermudah Anda membersihkan tempat sampah tersebut.

2. Taburkan bubuk/daun teh
Kandungan tannin dan klorofil dari daun teh bermanfaat mengurangi bau sampah. Cukup dengan menaburkan teh bubuk atau daun teh kering ke tumpukan sampah, maka bau busuk dari sampah tidak akan lagi mengganggu Anda.

3. Gunakan zipper bag
Kantung plastik dengan ritsleting (zipper bag) sangat efektif untuk menghambat bau sampah menyebar. Dan umumnya zipper bag terbuat dari bahan daur ulang sehingga ramah lingkungan.

4. Memadukan kertas koran dan pemutih
Cairan pemutih pakaian juga mempunyai fungsi yang baik untuk menghilangkan bau dari sampah. Tinggal percikkan pemutih pada sampah di tempat sampah Anda, atau letakkan kertas koran di bagian dasar tempat sampah lalu basahi dengan pemutih. Kertas koran akan menyerap cairan yang muncul dari sampah, dan pemutih akan menetralisir baunya.

5. Mengandalkan cuka
Kandungan asam asetat dalam cuka dapat berfungsi membunuh kuman, bakteri, dan jamur. Dengan demikian, sampah yang disemprot dengan cairan cuka akan terhambat dari pembusukan dan sekaligus mencegah baunya menyeruak. Tutup segera tempat sampah setelah disemprot cuka.

6. Bungkus dengan kertas koran
Kertas koran sangat efektif menyerap cairan dari sampah, terutama yang organik. Bungkus sampah organik dengan kertas koran sebelum dibuang ke tempat sampah, maka selain cepat kering dan baunya berkurang, juga akan menghambat lalat untuk berkembang biak.

7. Fungsikan kulit jeruk kering
Jangan buang kulit jeruk setelah buahnya Anda makan. Tebarkan bersama sampah di tempat sampah atau taruh di bagian dasar tempat sampah, maka bau sampah yang kurang sedap pun akan tertutup oleh aroma khas jeruk.