Suara-suara dari nada tertentu, apalagi jika dibunyikan dengan teknik yang tepat, memiliki efek menyembuhkan. Salah satu metodenya adalah dengan Tibetan singing bowl (sering disebut juga ‘genta Tibet’), yaitu mangkuk khas Tibet yang terbuat dari campuran tujuh jenis logam (emas, perak, tembaga, besi, timah, timbal, dan merkuri).

Metode sound healing dengan genta Tibet ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai kondisi sakit fisik dan jiwa seseorang. Proses penyembuhannya yaitu dengan mengetuk genta dengan stick (mallet) atau mengetuk lalu memutar stick mengelilingi bibir genta. “Suara yang dihasilkan dari proses tersebut akan mengembalikan frekuensi getaran di bagian tubuh yang sakit dan menyelaraskan harmoni tubuh, pikiran, dan jiwa,” papar sound healer dan yoga healer Adeline Windy.

Wanita cantik yang akrab disapa Adel ini menambahkan, metode penyembuhan ini bisa digunakan untuk mengurangi ketegangan atau stres di bagian tubuh, hiperaktif, sulit konsentrasi, masalah pencernaan, insomnia, menstruasi tidak teratur, dan masih banyak lagi. Begini penjelasannya:

“Sebagai salah satu bentuk media komunikasi yang paling kuno, suara dianggap mampu menghubungkan satu entitas dengan entitas lainnya. Suara dan getaran yang keluar dari singing bowl juga mampu terhubung dengan bagian tubuh kita. Suara dan getarannya yang menenangkan membuat tubuh relaks dan ketegangan pun perlahan berkurang. Nah, saat relaks inilah proses penyembuhan terjadi.”

Chakra balancing
Di dalam diri kita terdapat tujuh sumber utama energi yang disebut dengan Chakra. Setiap chakra berperan atas beberapa organ tubuh yang berada di sekitarnya. Chakra jantung yang terletak di tengah dada, misalnya, mewakili organ jantung, paru-paru, jaringan di tangan, dan lain-lain. Ketika terjadi ketidakseimbangan energi pada chakra, maka kita akan merasakan sakit pada organ-organ yang diwakilinya.

Nah, suara dan getaran yang keluar dari singing bowl dapat menyeimbangkan energi pada chakra-chakra tersebut. “Bowl dibuat sedemikian rupa sehingga mengeluarkan nada tertentu, dari A sampai G,” kata Adel. “Nada-nada tersebut untuk menyelaraskan nada yang dimiliki oleh tiap-tiap chakra. Misalnya, bowl dengan nada A digunakan untuk balancing chakra dasar (yang memiliki nada A.”

Digunakan sudah ribuan tahun
Terapi suara dengan genta Tibet ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh masyarakat di pegunungan Himalaya, Nepal, Tibet. Awalnya, singing bowl digunakan sebagai peranti makan, bahkan tempat untuk menampung susu bagi para ibu. Kemudian mengalami perubahan fungsi dengan digunakannya juga sebagai hadiah untuk para pengantin perempuan. Dan kini makin berkembang dengan memanfaatkan mangkuk ini untuk ritual bagi para Buddhist ketika berdoa, berkumpul, dan bermeditasi.

Adel menegaskan, setiap orang bisa melakukan terapi ini. Namun disarankan untuk pertama kalinya sebaiknya didampingi dengan terapis, karena bukan tidak mungkin dalam proses penyembuhan akan dijumpai hal-hal yang hanya bisa diatasi oleh tenaga ahlinya. “Setelah memahami bagaimana metodenya, barulah Anda bisa menggunakan sendiri untuk self healing,” ujar Adel.

Tubuh kita membutuhkan perhatian yang besar. Sebab, kita menggunakan tubuh kita setiap saat untuk beraktivitas dalam setiap urusan kehidupan. Karena itu ketika tubuh memberikan sinyal (berupa sakit), kita sebagai pemiliknya harus paham apa yang sedang terjadi dan bagiamana mengatasinya. Dan terapi dengan Tibetan singing bowl dalah salah satu solusinya.

Anda yang tertarik untuk mencoba atau mempelajari metode ini, silakan kontak melalui Instagram @singingbowlindonesia atau @adelinewindy.