Tinggal di aparteman, terutama di unit tipe studio, memang butuh kepintaran tertentu, khususnya dalam menyiasati ruangan yang tidak cukup luas. Barang-barang milik kita akan selalu terus bertambah, sementara ruangan akan tetap segitu-gitu aja.

Tapi tentu bukan berarti Anda harus menyerah. Ada beberapa siasat agar di dalam ruangan yang sempit pun barang-barang yang Anda inginkan tak hanya bisa masuk tapi juga tertata dengan rapih.

1. Isi dengan barang multifungsi
Siasat ini sangat membantu. Misalnya menempatkan sofa yang sekaligus bisa berfungsi sebagai tempat tidur tamu, meja lipat (bisa digunakan untuk meja biasa dan meja makan), kursi berbentuk kubus (bisa berfungsi menjadi meja atau kursi cadangan untuk tamu), dan lain sebagainya.

2. Sesuaikan ukuran perabot
Dalam ruangan yang tidak luas, tentu akan sangat bijak jika Anda menempatkan perabot yang tidak berukuran besar. Selain memakan tempat, perabot besar juga membatasi ruang gerak Anda.

3. Manfaatkan dinding
Dinding bisa menjadi tempat berharga dalam ruangan berukuran kecil. Anda bisa memasang televisi di sana, atau memasang rak terbuka yang bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang koleksi dan pajangan, sekaligus menjadi pemanis ruangan.

Atau, Anda juga bisa membuat ceruk-ceruk di dinding yang bisa dimanfaatkan untuk tempat pajangan atau bahkan penyimpanan barang-barang koleksi.

4. Membuat meja lipat
Dinding Anda juga bisa dipasang meja lipat untuk tempat Anda bekerja di rumah. Ketika tidak digunakan, meja bisa dilipat dan menempel dinding. Agar lebih menarik, permukaan meja bisa dilukis sehingga akan menjadi hiasan dinding saat dilipat.

Jika tidak mau mengganggu dinding, Anda bisa menempatkan meja bulat ketimbang kotak sehigga akan menghemat tempat.

5. Manfaatkan ruang kosong vertikal
Ada ruang-ruang kosong di berbagai perabot seperti di atas lemari dan di langit-langit ruangan. Ini bisa dimanfaatkan, misalnya di atas lemari menjadi tempat penyimpanan barang, dan di langit ruangan bisa untuk menggantung barang-barang tertentu yang ringan dan mudah diambil.

6. Pasang cermin
Pasang cermin yang cukup besar, atau melapisi perabot seperti pintu lemari dengan cermin. Ini akan membuat ruangan Anda terkesan lebih luas dan lebih terang.

7. Pilih barang berwarna netral
Warna-warna netral seperti putih dan krem akan membuat ruangan terlihat luas. Meski begitu Anda tidak dilarang untuk menambahkan sentuhan warna-warna lain agar ruangan tampak lebih hidup, tapi tentu penambahan variasi warna dilakukan secara proporsional agar tetap menjaga kesan luas terhadap ruangan.

8. Menyiasati pemisah ruangan
Pemisah ruangan tidak perlu dengan memasang dinding, dari gipsum misalnya, karena hanya akan membuat ruangan menjadi tambah sempit. Ganti tanda pemisah dengan karpet yang berbeda, separator berupa rak terbuka, atau mengecat dinding dengan warna berbeda.