Serah terima kunci tentu menjadi momen yang paling kita nanti ketika membeli sebuah hunian. Namun karena sangat senang biasanya kita jadi kurang teliti saat melakukan pengecekan fisik sehingga banyak kekurangan yang terlewat dari pengecekan, dan kita pun merugi.

Untuk mencegah hal itu, langkah-langkah di bawah ini sebaiknya Anda lakukan ketika momen serah terima kunci tiba.

1. Siapkan syarat-syarat yang diperlukan seperti yang disebutkan dalam surat panggilan. Kumpulkan semua syarat beberapa hari sebelum hari-H acara serah terima agar kalau nanti ada yang masih kurang bisa dilengkapi.

2. Tak perlu terlalu senang karena telah serah terima kunci. Karena bisa jadi saking senangnya Anda jadi kurang teliti saat melakukan pemeriksaan fisik nanti.

3. Saat pemeriksaan fisik, ini yang harus Anda lakukan:

– Bawa barang-barang berikut: pengisi daya ponsel (charger), senter, test pen, bola golf (atau yang seukurannya), dan stiker label.

– Periksa pintu-jendela dan kusen apakah ada cacat, goresan, cat yang tidak rata, sulit dibuka, dan lain-lain.

– Cobalah kunci-kunci untuk seluruh pintu. Putar beberapa kali di setiap pintu untuk memeriksa kelancaran mengunci dan membukanya.

– Begitu masuk ke dalam unit, periksa seluruh permukaan dinding, apakah ada cacat, permukaan yang tidak rata, retak-retak, dan lubang. Jika kurang jelas, gunakan senter untuk memeriksa area yang dicurigai ada kekurangan.

– Periksa lantai rumah, apakah permukaannya rata, adakah kerusakan atau hal lain yang mengurangi fungsinya. Gunakan bola golf untuk memeriksa ratanya permukaan lantai. Gelindingkan pelan menyeberangi ruangan, jika gelindingan bola berhenti di sisi lain ruangan, berarti lantai rata. Tapi kalau bola berhenti di bagian tengah, maka dipastikan lantai tidak rata.

– Buka semua keran air, di kamar mandi dan wastafel, biarkan mengucur selama sekitar satu menit. Setelah itu periksa di bawah wastafel dan di dinding-dinding. Jika sistem saluran air tidak baik maka akan terlihat kebocoran dan rembesan air di dinding.

– Periksa sistem kelistrikan. Gunakan test pen dan charger ponsel untuk menguji setiap stop kontak apakah berfungsi dengan benar. Hidup-matikan setiap saklar lampu yang ada untuk mengetahui saluran listrik bekerja dengan baik.

– Pastikan semua detail sudah Anda periksa dengan teliti, termasuk sekrup dalam engsel pintu atau jendela yang kurang lengkap, misalnya. Tempeli setiap kekurangan yang Anda temukan dengan stiker label dan tandai dengan angka berbeda. Ini akan mempermudah pengembang untuk melakukan perbaikan ketika Anda memintanya.

4. Setelah pemeriksaan fisik selesai, pastikan Anda membaca Berita Acara Serah Terima (BAST) dengan baik. Bertanyalah jika Anda kurang paham. Anda berhak untuk menunda serah terima jika keberatan dengan kondisi fisik yang ada hingga semua diperbaiki.