Mudah, murah, tapi banyak manfaat. Itulah jalan kaki. Cocok bagi yang tidak suka olahraga berat dan yang malas berlari. Cukup luangkan waktu 30 menit setiap pagi dan perbanyak jalan kaki di kantor, maka manfaat sehat siap menyambut Anda. Tentu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, dukung dengan menjalankan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi seimbang, cukup istirahat, dan hindari stres.

Inilah manfaat jalan kaki yang bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah di dalam tubuh, serta memperkuat jantung.
2. Menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.
3. Jalan kaki akan memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuannya menyerap glukosa meningkat. Dengan begitu akan mencegah serangan diabetes tipe 2.
4. Kalori yang terbakar dalam 30 menit jalan kaki sekitar 150 kalori. Makin cepat langkah kaki, makan banyak kalori terbakar. Ini akan membantu menurunkan berat badan.
5. Berjalan kaki akan membangun dan mempertahankan kesehatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.
6. Saat berjalan kaki, tubuh akan merilis hormon endorfin yang berkaitan dengan rasa nyaman. Hal ini akan membantu Anda mengurangi stres dan memperbaiki mood. Hormon ini juga membantu tubuh mempertahankan kekebalannya.

Memilih sepatu yang tepat
Memilih sepatu yang tepat untuk jalan kaki (walking shoe) akan membuat Anda merasa nyaman dan aman dari cedera. Para ahli fisioterapi menyarankan beberapa hal berikut ini dalam memilih walking shoe.

– Uji kelenturannya dengan melipat sepatu menjadi dua. Sepatu jalan yang baik adalah yang mudah dilipat sehingga bagian tumit dan ujung jari bertemu. Dengan sepatu yang lentur ini jalan kaki pun akan terasa nyaman.

– Cek midsole atau bantalan yang terletak di sepanjang bagian dalam sepatu. Midsole harus berbahan empuk untuk menunjang kenyamanan dalam berjalan.

– Hidup di negara iklim tropis akan cenderung berkeringat. Karena itu pilihlah sepatu dengan bagian atas mesh, jenis material yang berciri seperti jaring dan berfungsi sebagai ventilasi.

– Hindari membeli model sepatu yang sudah dijual sejak tahun-tahun lalu. Sebab, seiring waktu, daya serap guncangan sepatu akan terus berkurang. Jadi, makin lama sepatu terpajang di rak, makin besar kemungkinan bagian tengah midsole menjadi kaku dan membuat kaki kurang nyaman.

– Ganti sepatu Anda setelah digunakan berjalan sekitar 650 km. Secara fisik, sepatu yang sudah dipakai sejauh itu akan berubah bentuknya seperti bagian outersole (bantalan luar) sudah terlihat aus.