Sebagai eksekutif sekaligus masyarakat urban masa kini tentu sangat akrab dengan stres. Banyaknya pekerjaan dan aktivitas lain di luar kantor membuat hidup kita terasa sangat melelahkan. Tekanan target pekerjaan maupun target pribadi menambah berat beban hidup kita. Hati tidak tenang karena selalu tergesa-gesa, pikiran tidak fokus karena pekerjaan menumpuk.

Tidak nyaman, memang. Tapi semua itu tak akan terjadi kalau Anda bisa mengatur waktu dengan baik dan tetap tenang menghadapi setiap kondisi. Caranya, ikuti saja saran-saran dari para ahli psikologi berikut ini:

Buat daftar target atau pekerjaan
Sesibuk apa pun kita, menuliskan apa yang ingin kita raih adalah cara yang baik agar Anda tenang dan fokus di tengah tekanan. Hal ini sudah melalui penelitian. Menuliskan target yang harus dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dapat melahirkan rasa tanggung jawab, sementara menulis daftar pekerjaan akan membantu kita mengidentifikasi masalah dan membuat prioritas.

Stop menunda-nunda
Menunda pekerjaan, termasuk pekerjaan-pekerjaan kecil, hanya akan membuat pekerjaan makin menumpuk, sulit diselesaikan, dan menambah tinggi emosi kita. Karena itu mau tidak mau Anda harus mengerjakan setiap tugas ‘selagi hangat’, dan tak ada kata ‘nanti dulu’.

Matikan ponsel
Zaman sekarang, semua orang hidup di dua dunia, nyata dan maya. Celakanya, dunia mayalah yang lebih banyak dikunjungi sehingga sangat mengganggu kehidupan kita di dunia nyata. Dan produktivitas bisa menjadi salah satu korbannya. Riset menunjukkan para siswa yang bermain gadget ketika di kelas lebih buruk nilai tes akademiknya ketimbang yang tidak bermain gadget. Tentu hal ini karena mereka tidak bisa fokus pada pelajaran. Karenanya, matikan ponsel pintar Anda ketika sedang mengerjakan tugas.

Tidur cukup

Sudah terbukti melalui banyak penelitian bahwa tidur selama 6-8 jam sehari akan memberi banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah membantu kita lebih fokus, stamina terjaga, dan dengan demikian produktivitas pun bisa terjaga. Tidur cukup juga membantu kinerja otak dan meningkatkan kemampuan memori sehingga kita akan mudah berpikir kreatif.

Sarapan bergizi
Asupan nutrisi sangat perlu bagi performa kita, dalam hal ini yang menyangkut pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Utamakan sarapan dengan gizi lengkap dan seimbang karena ini akan menjadi bekal awal Anda dalam menjalankan aktivitas seharian. Usahakan pula untuk membawa sendiri makanan dari rumah yang sudah terjamin gizinya. Saat makan di luar kita akan cenderung ‘lapar mata’ dan menyantap apa pun tanpa pandang gizi.

Tidur siang
Sempatkan waktu istirahat kantor Anda untuk tidur siang, setidaknya 15-20 menit. Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism merilis studi yang menemukan bahwa tidur siang dapat mengurangi hormon stres, sehingga ini akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.