Tren penggunaan open storage alias penyimpanan terbuka di apartemen makin marak sekarang ini. Tak hanya di unit dengan ukuran ruang terbatas, tapi juga unit yang lebih besar. Sebab, selain untuk menyiasati terbatasnya luas ruangan, open storage sekaligus bisa digunakan pula untuk elemen dekorasi.

Bahkan perabot ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menampilkan identitas diri. Anda bisa ‘memamerkan’ barang-barang koleksi pribadi, benda-benda hobi, atau hasil prestasi dan karya Anda di sini. Dengan demikian, ruangan Anda menjadi lebih personal. Bonusnya, barang-barang yang dipajang tersebut akan cenderung lebih terawat, karena pasti kita lebih peduli dalam menjaganya dari kotoran dan kerusakan.

Sebagai elemen estetis untuk dekorasi, open storage bisa diletakkan di ruang mana pun yang Anda mau, dari ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, bahkan kamar mandi sekalipun. Namun begitu Anda tetap harus memperhatikan keselarasannya dengan elemen-elemen interior lain di dalam ruangan tersebut.

Perhatikan juga hal-hal berikut ini agar pemilihan dan peletakan open storage pada ruangan Anda tidak membuat lay out ruangan justru menjadi berantakan.

Tujuan kegunaan
Tentukan dulu apa yang menjadi tujuan dari penggunaan open storage. Apakah memang hanya untuk menyimpan barang-barang, untuk memperindah ruang, sebagai tempat unjuk identitas diri, atau untuk tujuan lainnya.

Sesuaikan dengan ruangan
Perlu dipilih ruang yang sesuai untuk meletakkan open storage. Jika untuk menyimpan buku-buku koleksi bisa diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu. Atau, jika untuk memajang pernak-pernik milik anak tentu sebaiknya diletakkan di kamar anak. Peletakannya pun tidak bisa di dinding atas karena anak akan sulit menjangkaunya.

Sesuaikan dengan isinya
Buatlah open storage dengan desain yang sesuai dengan sifat benda-benda yang disimpan di situ. Contohnya, untuk menyimpan sepatu maka tempatnya harus yang berbahan antiair dan mudah dibersihkan. Kalau untuk menyimpan buku, besar ruangan rak harus disesuaikan agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Perhatikan sisi estetika
Jika yang disimpan merupakan benda yang memiliki nilai sejarah atau berupa karya seni, tambahkan permainan cahaya di dalam atau di sekitar open storage. Untuk mengesankan dingin dan formal, tambahkan cahaya warna putih, sementara untuk memunculkan kesan hangat, alami, dan romantis, beri cahaya berwarna kuning.