Sebagai aset yang tidak likuid membuat hunian seperti rumah dan apartemen tidak mudah diperjualbelikan. Artinya, untuk laku butuh waktu, karena tentu ada banyak pertimbangan bagi seseorang untuk membeli sebuah hunian.

Nah, untuk itu Anda memang butuh strategi ampuh agar hunian yang Anda jual cepat laku. Cobalah langkah-langkah di bawah ini:

1. Permak dulu
Tentunya hal ini tergantung pada kondisi hunian Anda. Jika memang tak ada yang harus diperbaiki tentu tidak perlu dilakukan renovasi. Tapi kekurangan sedetail apa pun sebaiknya diperbaiki. Misalnya ada goresan di permukaan daun pintu atau lubang paku di dinding, segera ditutup. Sebab, kondisi fisik yang mulus sempurna tentu akan meningkatkan daya tarik dan daya jual, bukan?

2. Tentukan harga, sesuaikan dengan pasar
Sebelum Anda menentukan harga jual, cari tahu harga pasaran apartemen di wilayah Anda dengan berselancar di internet. Atau, periksa NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) di kawasan Anda. Umumnya orang menjual hunian seharga dua-tiga kali lipat di atas NJOP. Tapi itu pun tergantung pada lokasi. Makin strategis tentu harganya makin tinggi.

3. Jual daring
Di era digital sekarang ini tidak afdol kalau Anda tidak menjual hunian secara daring (online). Manfaatkan situs-situs jual beli rumah dan akun media sosial yang Anda punya. Kalau dirasa perlu pasang juga iklan secara berbayar. Dan kalau sudah begini Anda juga harus bersedia meluangkan waktu untuk menjawab setiap pertanyaan dari calon pembeli.

4. Pahami ilmu marketing
Setidaknya, kalau tidak menguasai ilmu marketing, Anda belajar memahami. Dengan begitu Anda akan tahu bagaimana strategi memancing perhatian calon konsumen, bagaimana membangkitkan minat beli mereka, hingga bagaimana menuntun mereka untuk memutuskan membeli.

5. Sewa jasa agen properti
Jika tidak ingin ribet atau tidak ada waktu untuk mengurus sendiri penjualan hunian, Anda bisa melakukan langkah pamungkas ini: menyewa jasa agen properti. Dengan agen properti Anda bisa mendapatkan berbagai servis yang menguntungkan sekaligus konsultasi tentang properti. Dari bagaimana menentukan harga yang tepat, strategi penjualan, dan sebagainya. Nah, ilmu yang Anda dapatkan ini tentu bisa Anda praktikkan sendiri di lain waktu ketika Anda ingin menjual hunian lain.