Belakangan hotel kapsul menjadi tren di kalangan traveler, terutama yang menyukai bepergian gaya backpacking. Ruangannya berisi kamar-kamar minimalis (benar-benar minimalis hanya tepat seukuran ranjang) yang disebut kapsul, atau akrab pula disebut pod. Hotel model ini mudah dijumpai di Jepang, karena sebenarnya di sana sudah populer sejak akhir dekade ’70-an.

Bagaimana dengan Indonesia? Di negeri ini pun tak ketinggalan bermunculan hotel-hotel kapsul. Salah satu yang menarik adalah Nomad Hostel yang ada di kawasan Kemang, Jakarta. Jangan terkecoh dengan penggunaan kata “hostel” pada namanya, karena dari penampilan maupun fasilitas jauh dari kesan sederhana layaknya hostel.

Kalau beberapa hotel kapsul memiliki pod yang benar-benar bergaya kapsul seperti di film-film sci-fi, di Nomad Hotel pod-nya berwajah kayu, begitu pula dengan lantainya, sehingga menimbulkan atmosfer yang lebih homey. Terlihat kontras adalah tempat tidurnya yang dilapisi bed cover berwarna-warni cerah.

Mengenai warna-warni cerah, ini menjadi sentuhan kekhasan Nomad Hostel. Ketika tiba di halamannya, di antara garis desain bangunan yang minimalis, terpampang logo Nomad Hostel dengan warna-warninya. Selain pada bed cover, warna-warni tersebut juga dijumpai pada mural di beberapa dinding interior, karena kegiatan traveling kini pastinya lekat dengan berfoto di spot keren untuk diunggah ke Instagram.

Bagi yang ingin menginap, Nomad Hostel Kemang memiliki 192 pod yang dikelompkkan ke dalam empat pilihan kamar berdasar jumlah pod-nya, yakni, “10 Pod, 14 Pod, 16 Pod, dan 20 Pod,” terang Muhamad Rizal Abdulloh, Hostel Manager. “Tersedia juga jaringan wi-fi berkecepatan tinggi yang dapat diakses di seluruh area hostel.”

Lokasi Nomad Hostel Kemang terbilang strategis karena dekat dengan berbagai tempat hiburan seperti bar, restoran, dan mal yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki. “Jadi akomodasi sempurna bagi wisatawan yang dinamis, gemar mengeksplorasi lingkungan sekitar,” lanjut Rizal. Selain itu, lokasinya juga relatif dekat dengan beberapa distrik bisnis di Jakarta Selatan maupun Pusat.

Bagi traveler yang tidak sedang bereksplorasi, waktu istirahat di Nomad Hostel juga bisa dilalui dengan menikmati ruang rekreasi bersama yang dilengkap dengan beberapa fasilitas permainan. Sebut saja biliar, foosball, dan tenis meja. Sekadar ingin menyesap kopi atau bermain air? Silakan nongkrong di coffee shop atau menceburkan diri ke kolam renang yang walau tak terlalu besar tapi tersedia berbagai floaties lucu. Suasananya asyik buat dinikmati sendiri maupun bersama teman atau keluarga.

Tak ketinggalan, ada pula coin laundry untuk mencuci pakaian kotor secara mandiri. Jadi, tak perlu repot membawa banyak pakaian, kan, jika hendak berlama-lama stay di bilangan Kemang.

Nomad Hostel dioperasikan oleh Archipelago International, yang menangani pula ratusan properti, dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Arab Saudi, hingga Karibia. Termasuk di dalamnya yakni Aston, Alana, Aston Heritage Collection, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Neo, favehotel, dan tentu saja Nomad.

Nomad Hostel
Jl. Kemang Barat no 8 RT 009/ RW 001, Jakarta Selatan
Telp 021-22716458
IG: @nomadkemang