Tahukah Anda bahwa sebagian besar waktu kita di rumah lebih banyak dihabiskan di kamar tidur? Tidur 7-9 jam sehari, belum ketika hari libur, jam tidur Anda mungkin bertambah atau malas-malasan sambil nonton teve di tempat tidur. Bahkan, beraktivitas bersama pasangan dan anak-anak pun tak jarang di kamar tidur.

Sebagai tempat favorit, karena itu kamar tidur seharusnya selalu dijaga kebersihannya. Jika tidak, tentu paparan kuman, jamur, dan bakteri bisa mengancam kesehatan seluruh anggota keluarga. Perhatikan saja, jika ketika bangun tidur Anda merasa pusing atau hidung tersumbat, atau badan pegal, itu mungkin karena ada yang kurang benar pada kamar tidur Anda.

Untuk itu, agar tempat favorit Anda di rumah ini menjadi tempat yang ideal pula bagi kenyamanan hidup Anda, pastikan semua hal ini dilakukan:

1. Pastikan kebersihan kolong ranjang
Kolong tempat tidur biasanya gampang terlewat saat kita bersih-bersih kamar tidur. Padahal di situ bisa jadi sarang debu, barang-barang kecil yang terjatuh, dan bahkan serangga seperti kecoa dan sejenisnya. Tentu jika tidak rutin dibersihkan bisa mengancam kesehatan.

2. Memilih kasur yang tepat
Kasur yang ideal adalah kasur yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Maka pastikan jenis kasur adalah yang membuat Anda nyaman tidur. Cari informasi jenis kasur apa yang nyaman tapi juga sesuai dengan kondisi keuangan. Kasur juga bisa menjadi tempat ideal bagi tungau, hewan renik yang bisa menjadi sumber penyakit gatal dan alergi, rentan berdebu dan jamur. Karena itu kasur perlu dibersihkan secara rutin. Anda juga bisa menggunakan pelapis hypoallergenic untuk menjaga agar tubuh tidak terkontaminasi langsung dengan debu, tungau, atau jamur.

3. Memilih dan merawat sprai
Seprai yang ideal adalah yang berbahan dasar katun organik. Lembut dan tidak panas, sehingga nyaman sebagai alas tidur. Meski begitu, apa pun bahannya, tentu seprai harus sering diganti, setidaknya seminggu sekali.

4. Memperlakukan bantal dengan tepat
Hampir sama dengan kasur, pemilihan dan perawatan bantal yang tepat juga akan membuat tidur Anda berkualitas dan bebas dari sumber penyakit. Bersihkan selalu bantal Anda, jemur di bawah matahari, kalau perlu dicuci setidaknya enam bulan sekali. Bagi Anda yang mengidap alergi disarankan untuk menggunakan bantal yang isinya berupa wol atau busa memori. Atau gunakan sarung bantal yang bersifat hypoallergenic.

5. Jauhkan masukkan hewan peliharaan
Bolehlah Anda adalah pecinta hewan, tapi demi kesehatan bersama, sebaiknya jangan ajak hewan peliharaan Anda bermain di kamar tidur, apalagi di atas kasur. Bulu hewan bisa memicu alergi, apalagi jika mereka mempunyai kutu dan jamur di kulitnya, potensi menularkan penyakit cukup tinggi.

6. Setel suhu dengan tepat
Tidur dengan suhu ruangan dingin atau panas tentu tidaklah nyaman, bahkan bisa mengundang penyakit. Karena itu atur temperatur ruangan di kondisi sejuk, bukan dingin. Pilih AC yang menggunakan teknologi inverter karena ia akan mengurangi kinerjanya setelah mencapai suhu kamar yang kita inginkan. Jangan lupa pula untuk rutin membersihkan AC setiap tiga bulan sekali.