Kadang, kita merasa tidak nyaman dengan aroma yang tercium di dalam hunian kita. Bisa dari keringat penghuninya karena baru pulang dari luar, bau hewan piaraan yang masuk ke dalam ruangan, bahkan bau pembersih lantai pun tak jarang mengganggu penciuman. Ketika ada tamu berkunjung ke rumah kita jelas ini bisa membuat malu.

Tentu solusi menghilangkan bau-bauan tersebut mudah saja. Tinggal semprotkan pewangi ruangan. Tapi, kalau memakainya terus-terusan tentu dampak bahan kimianya yang menjadi polutan di dalam ruangan bisa merugikan kesehatan kita.

Nah, ada cara alami dan aman yang disarankan oleh sejumlah pakar untuk menetralisir aroma tidak enak di dalam ruangan. Anda bisa menirunya seperti berikut ini:

1. Merebus ramuan
Bikinlah ramuan herbal dengan merebus air di dalam panci kecil lalu tambahkan irisan jeruk lemon dengan beberapa bahan seperti lavender dan mint. Wangi ramuan ini akan menyebar ke seluruh ruangan dan menjaga ruangan tetap harum. Cara ini sangat cocok ketika Anda membuat pesta kecil atau acara keluarga lainnya di hunian Anda.

2. Membuat mangkuk beraroma
Jika menggunakan api kompor dianggap cukup memakan bahan bakar atau energi, pakai cara ini. Masukkan bahan-bahan kering pilihan seperti kayu manis, bunga mawar, dan sebagainya ke dalam sebuah mangkuk yang cukup besar lalu tuangkan air mendidih ke dalamnya. Biarkan hingga aromanya menyebar di udara.

8678873 – candles, blue potpourri and a black bowl on a white background

3. Tempatkan lilin
Ambil lilin aromaterapi dan letakkan di beberapa tempat strategis tanpa dinyalakan. Meski tidak dinyalakan, lilin akan menebarkan aroma harum sesuai jenis aromaterapinya, bahkan bisa lebih tahan lama. Penempatan lilin ini—apalagi dengan bentuk-bentuk yang bagus—juga sekaligus berfungsi menjadi pemanis ruangan.

4. Manfaatkan ampas kopi
Keringkan ampas kopi di bawah matahari. Setelah kering tempatkan kembali ke dalam tungku aromaterapi dan letakkan di sudut ruangan, lalu bakar. Aroma khas kopi akan dengan mudah Anda cium di seluruh ruangan.

5. Gunakan indoor plant
Beberapa jenis tanaman hias yang bisa hidup di dalam ruangan juga ada yang memunculkan aroma harum ke seluruh ruangan. Bunga geranium, melati, sedap malam, gardenia, adalah beberapa contohnya. Selain menebarkan wangi, tanaman ini juga meredam polutan di dalam ruangan.

6. Rawat saluran pembuangan air
Saluran pembuangan air di kamar mandi, wastafel, dan tempat cuci piring sering kali menjadi sumber bau. Jika bau tidak sedap mulai tercium dari situ, letakkan potongan kulit lemon atau jeruk nipis di atas saringannya untuk meredam bau tersebut. Atau taburi baking soda ke dalam saluran, diamkan beberapa saat lalu tuangkan air hangat ke dalamnya. Sementara untuk mencegah bau tidak sedap muncul lagi, sering-seringlah membersihkan saluran tersebut.