Tren gaya hidup sehat makin meningkat seiring dengan kesadaran untuk hidup sehat. Apalagi di tengah terpaan stres di kota besar yang juga kian membesar. Orang-orang sudah tidak mau lagi diperbudak oleh persaingan dan tuntutan kecepatan dalam mengejar target. Kini mereka sudah mulai gencar mencari waktu untuk berolahraga sebagai pelepas stres sekaligus pendongkrak kebugaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kondisi tersebut memicu naiknya popularitas gelang kebugaran (fitness band). Fungsi peranti ini pada umumnya untuk memantau aktivitas fisik dan mengukur tingkat kebugaran Anda dengan akurasi yang tinggi. Mulai dari menghitung langkah kaki, menghitung denyut nadi, hingga kualitas tidur.

Bermacam ragam produk gelang dari sejumlah merek dan beragam rentang harga kini dengan mudah bisa didapat, baik melalui toko online maupun offline. Dari produk yang fungsinya minimal hingga yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar untuk memantau beragam data kebugaran.

Tentu ragam fungsi tersebut berpengaruh pada harga jual. Anda bisa mendapatkan fitness band dari harga di bawah Rp200 ribu hingga belasan juta rupiah.

Nah, sebelum Anda memutuskan membeli gelang kebugaran, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

1. Kualitas layar/display
Mengingat ukuran layar yang relatif kecil, maka penting untuk dipertimbangkan kualitas layar. Pastikan Anda bisa membaca informasi yang tertera pada layar dengan mudah, termasuk ketika menggunakannya di bawah sinar matahari.

2. Memantau beragam latihan
Agar fungsinya lebih maksimal dan efisien, pastikan fitness band yang akan Anda beli dapat memantau latihan lain selain jogging, seperti berenang, bersepeda, atau aerobik.

3. Terkoneksi dengan ponsel
Smartphone menjadi gadget yang sangat dibutuhkan oleh semua orang saat ini. Maka, mengingat gelang kebugaran akan dibawa untuk beraktivitas fisik, sebaiknya peranti ini dapat terhubung ke ponsel pintar Anda, sehingga ia akan mengirimkan notifikasi ketika ada panggilan atau pesan singkat yang masuk.

4. Bobot
Mengingat Anda akan menggunakannya saat beraktivitas fisik dan bisa jadi dalam durasi yang lama, maka berat produk juga harus dipikirkan. Bobot yang terlalu berat tentu akan mengganggu aktivitas Anda.

5. Kekuatan baterai
Tanyakan kepada pembelinya bagaimana tingkat ketahanan baterai pada produk yang akan Anda beli. Idealnya, baterai fitness band mampu bertahan lima hari ketika tidak digunakan.

6. Pemantau kalori
Pastikan fitness band yang Anda beli dilengkapi dengan heart rate monitoring yang berfungi memantau kesehatan jantung dan pembakaran kalori. Tanpa fitur ini aktivitas fisik Anda tak dapat terukur dengan baik.

7. Antiair

Sebuah fitness band selayaknya memenuhi standar minimal IP67 dalam hal ketahanan terhadap air, jika belum mampu menggunakan standar fully waterproof IP68.

8. Sleep tracking
Tingkat kebugaran Anda juga dapat diukur dari kualitas tidur. Maka, pilihlah fitness band yang juga dilengkapi dengan fitur pemantau kualitas tidur.